Wawancara terakhir dari "PRODUCE 6IX COLORS PROJECT" milik GENERATIONS akhirnya telah selesai dilakukan! Pada rilisan keenam ini, mari kita berbincang bersama Ryuto Kazuhara yang akan menjadi penutup projectnya! Wawancara yang tertulis berasal dari tiga media online berbeda, dirangkum dengan poin-poin pilihan, dan tentunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Selamat membaca~
Project “PRODUCE 6IX COLORS” di
mana setiap member GENERATIONS memproduksi lagu baru, akhirnya mencapai tahap
akhir. Rilisan terakhir adalah lagu berjudul “Summer Vacation” yang diproduksi
oleh Ryuto Kazuhara. Lagu ini penuh dengan gimmick yang rumit, tetapi hasil
akhirnya yang spektakuler bagaikan pertunjukan kembang api di pertengahan musim
panas. Keahlian Kazuhara terletak pada penciptaan lagu, lirik, dan aransemen
yang penuh dengan keceriaan, dan caranya berbicara tentang lagu, termasuk
lelucon yang sulit dibedakan apakah benar atau salah, juga penuh dengan
“kepribadiannya”.
1. Kami bertanya-tanya lagu apa
yang akan menjadi lagu terakhir yang dihasilkan dari project ini, tetapi
“Summer Vacation” adalah lagu yang benar-benar liar dan jauh melampaui
ekspektasi kami.
🐉: Aku juga berpikir begitu. Aku berharap untuk membuatnya lebih seperti Michael Jackson atau gospel dan menjadi keren, tetapi melodi dan pandangan dunia yang muncul di benakku penuh dengan musim panas, dan karena tanggal rilisnya adalah musim panas, aku memutuskan untuk berusaha sekuat tenaga dan menjadikannya lagu musim panas GENERATIONS. Seorang gitaris yang ikut menulis lagu ini denganku, Sho Kamijo-san, tampak khawatir dan berkata, “Benarkah? Ini benar-benar berbeda dari apa yang kamu bilang sebelumnya, kan?” (haha)
2. Apakah pola kamu berubah saat
kamu menulis lagu?
🐉: Itu tidak benar. Biasanya aku menyatukan gambar terlebih dahulu dan menuju ke arah itu, tetapi anehnya sesuatu yang itdak diinginkan bisa muncul begitu saja saat aku menciptakan sesuatu. Aku menyukai musim panas, jadi aku tidak bisa menahan kegembiraan saat aku memikirkan lagu ini yang dirilis pada tanggal 7 Juli, dan beginilah hasil akhirnya (haha). Tetapi tentu saja aku juga memikirkan keseimbangan dengan lagu-lagu dari member lain. Hingga saat ini, para member telah membawa hal-hal yang sangat hebat, jadi aku ingin menunjukkan GENERATIONS, yang belum pernah dilakukan siapapun, tetapi disukai semua orang. Aku ingin menunjukkan GENERATIONS yang berakting konyol dan harmonis seperti anak-anak SMA, jadi aku pikir lagu gila seperti ini akan bagus. Aku membuatnya dengan berpikir bahwa jika aku dapat menggabungkan elemen-elemen cerita yang datang dari dalam diriku dengan GENERATIONS yang ingin dilihat semua orang dan sesuai dengan karya akhirnya, itu akan menjadi lagu musim panas terbaik. Namun, dalam pikiranku, aku menganggap ini bergenre ballad.
3. Hah? Kok bisa jadi ballad?
🐉: Tidak, tidak ada lagu yang bisa membuatku menangis seperti ini. Jadi aku benar-benar terkejut ketika orang-orang mengatakan bahwa ini adalah lagu yang lucu. Aku kini hidup di zaman di mana orang bisa menafsirkan sesuatu secara berbeda, jadi tidak apa-apa jika beberapa orang menganggap ini adalah lagu musim panas, tetapi bagiku ini adalah lagu ballad yang sempurna untuk Tanabata. Bukankah lagu ini membuat kalian menangis?
4. Kami tidak bisa menangis (haha).
Kami mungkin akan tertawa terbahak-bahak lalu menangis.
🐉: Namun, aku rasa banyak orang yang bisa merasakannya. Lagu ini bercerita tentang “musim panas itu akan baik-baik saja asalkan menyenangkan”. Jadi, aku tidak punya pesan khusus yang ingin disampaikan, tetapi aku akan merasa puas jika orang-orang bisa tertawa dan berkata, "Oke paham, paham!” Tapi kalau kalian percaya itu dan kemudian lagu ini diputar, saat kalian menekan tombol play, kalian akan seperti, “Apa?!” Pengkhianatan seperti itulah tujuannya!
5. Ini pertama
kalinya aku mendengar lagu dipromosikan seperti itu!
🐉: Aku yang memproduserinya, termasuk promosi, jadi aku yang mengaturnya dengan matang di sini. Jika kalian mendengarkan sambil berpikir, “Apakah ballad GENERATIONS ini akan membuat menangis?” maka lagu musim panas yang asyik untuk berjoget ini akan diputar dan aku pikir ini akan menjadi hook yang bagus (haha).
6. Mengapa kamu
memutuskan untuk bekerjasama dengan Sho Kamijo-san kali ini?
🐉: Kami sudah lama saling kenal dan telah membuat album solo bersama, dan dia mengerti apa yang ingin aku lakukan tanpa perlu aku ceritakan detailnya. Kami berbagi hal-hal seperti, “Lagu ini luar biasa,” setiap hari, jadi dia mengerti seleraku dan apa yang aku inginkan. Tapi ketika aku membawakannya melodi yang aku pikirkan, dia tertawa (haha). Aku ingin memasukkan suara yang mengatakan “Ah♡” di sini. Dan responsnya, “Kamu bercanda kan! Ini sungguh berbeda dari awal.” (haha)
🐉: Aku juga berpikir begitu. Aku berharap untuk membuatnya lebih seperti Michael Jackson atau gospel dan menjadi keren, tetapi melodi dan pandangan dunia yang muncul di benakku penuh dengan musim panas, dan karena tanggal rilisnya adalah musim panas, aku memutuskan untuk berusaha sekuat tenaga dan menjadikannya lagu musim panas GENERATIONS. Seorang gitaris yang ikut menulis lagu ini denganku, Sho Kamijo-san, tampak khawatir dan berkata, “Benarkah? Ini benar-benar berbeda dari apa yang kamu bilang sebelumnya, kan?” (haha)
🐉: Itu tidak benar. Biasanya aku menyatukan gambar terlebih dahulu dan menuju ke arah itu, tetapi anehnya sesuatu yang itdak diinginkan bisa muncul begitu saja saat aku menciptakan sesuatu. Aku menyukai musim panas, jadi aku tidak bisa menahan kegembiraan saat aku memikirkan lagu ini yang dirilis pada tanggal 7 Juli, dan beginilah hasil akhirnya (haha). Tetapi tentu saja aku juga memikirkan keseimbangan dengan lagu-lagu dari member lain. Hingga saat ini, para member telah membawa hal-hal yang sangat hebat, jadi aku ingin menunjukkan GENERATIONS, yang belum pernah dilakukan siapapun, tetapi disukai semua orang. Aku ingin menunjukkan GENERATIONS yang berakting konyol dan harmonis seperti anak-anak SMA, jadi aku pikir lagu gila seperti ini akan bagus. Aku membuatnya dengan berpikir bahwa jika aku dapat menggabungkan elemen-elemen cerita yang datang dari dalam diriku dengan GENERATIONS yang ingin dilihat semua orang dan sesuai dengan karya akhirnya, itu akan menjadi lagu musim panas terbaik. Namun, dalam pikiranku, aku menganggap ini bergenre ballad.
🐉: Tidak, tidak ada lagu yang bisa membuatku menangis seperti ini. Jadi aku benar-benar terkejut ketika orang-orang mengatakan bahwa ini adalah lagu yang lucu. Aku kini hidup di zaman di mana orang bisa menafsirkan sesuatu secara berbeda, jadi tidak apa-apa jika beberapa orang menganggap ini adalah lagu musim panas, tetapi bagiku ini adalah lagu ballad yang sempurna untuk Tanabata. Bukankah lagu ini membuat kalian menangis?
🐉: Namun, aku rasa banyak orang yang bisa merasakannya. Lagu ini bercerita tentang “musim panas itu akan baik-baik saja asalkan menyenangkan”. Jadi, aku tidak punya pesan khusus yang ingin disampaikan, tetapi aku akan merasa puas jika orang-orang bisa tertawa dan berkata, "Oke paham, paham!” Tapi kalau kalian percaya itu dan kemudian lagu ini diputar, saat kalian menekan tombol play, kalian akan seperti, “Apa?!” Pengkhianatan seperti itulah tujuannya!
🐉: Aku yang memproduserinya, termasuk promosi, jadi aku yang mengaturnya dengan matang di sini. Jika kalian mendengarkan sambil berpikir, “Apakah ballad GENERATIONS ini akan membuat menangis?” maka lagu musim panas yang asyik untuk berjoget ini akan diputar dan aku pikir ini akan menjadi hook yang bagus (haha).
🐉: Kami sudah lama saling kenal dan telah membuat album solo bersama, dan dia mengerti apa yang ingin aku lakukan tanpa perlu aku ceritakan detailnya. Kami berbagi hal-hal seperti, “Lagu ini luar biasa,” setiap hari, jadi dia mengerti seleraku dan apa yang aku inginkan. Tapi ketika aku membawakannya melodi yang aku pikirkan, dia tertawa (haha). Aku ingin memasukkan suara yang mengatakan “Ah♡” di sini. Dan responsnya, “Kamu bercanda kan! Ini sungguh berbeda dari awal.” (haha)
🐉: Kurasa itu benar-benar kejutan. Di tahap demo, aku juga menyanyikan versi perempuan dari “Ah♡”, jadi rasanya seperti neraka (haha). Rekamannya sangat menyenangkan dengan suasana yang ramah dan tawa yang tak henti-hentinya dari awal hingga akhir. Ryota (Katayose) menyanyikan bagian-bagian yang berirama cepat, dan sepertinya sulit baginya. Maaf! Aku bisa saja memperbaikinya agar lebih mudah dinyanyikan, tapi akan lebih menakjubkan jika seseorang melakukan sesuatu yang sulit. Sebenarnya aku ingin menyanyikannya sendiri, tapi kupikir akan lebih mengejutkan dan menarik jika Ryota yang menyanyikannya. Karena aku yang membuatnya sendiri, aku membayangkan bagaimana cara menyanyikannya, dan menyanyikan frasa-frasa yang tidak bisa kudengarkan oleh Ryota (haha). Seru sekali menyanyikannya seperti itu, seperti puzzle.
🐉: Aku ingin membuat intro yang religius. Jadi aku memberikan Sho-san gambaran tentang “perasaan seperti ini” sebagai referensi, dan dia berkata, “Ini dia!”, yang merupakan ciri khasnya. Namun, seperti yang aku katakan sebelumnya, gambaran lagu itu berubah dengan cepat dalam pikiranku kali ini, jadi aku tidak menggunakan bagian-bagian dengan unsur-unsur gospel yang dia buat untukku.
🐉: Nol. Jadi, yang keluar malah suara “Ah♡”, yang muncul berkali-kali selama lagu. Awalnya, aku ingin membuatnya menjadi bagian dengan nuansa yang lebih banyak orang, tetapi akhirnya aku benar-benar mengkhianati niat Sho-san (haha).
🐉: Itu ungkapan yang indah. Sebenarnya, masih banyak lagi elemen di dalamnya, tetapi aku menipiskannya secara bertahap untuk mendapatkan produk akhir. Aku juga membayangkan pertunjukan langsung, dan aku membuatnya sambil berpikir, “Setelah ini, kita akan tur,” dan, “Inilah musim panas.”
![]() |
sumber foto: USEN ENCORE |
11. Liriknya
juga penuh dengan semangat yang membara. Ada banyak kata-kata yang mematikan,
tetapi apakah semuanya hanya datang begitu saja?
🐉: Saat aku menulisnya, aku mencoba menambahkan humor dan ironi ke dunia saat ini dengan pertanyaan seperti ~Moraru? Konpura? Torendo? So what?~. Bagian tentang ~Seijin kunshidarake~ seperti mengatakan bahwa jika hanya ada orang-orang seperti Buddha, maka dunia akan kiamat. Aku menulis bahwa semua orang terlalu terikat dan mereka semua sama, mereka mengatakan hal yang sama, dan mereka berpakaian sama. Tetapi jika aku mengatakannya secara langsung, itu akan menjadi kasar, jadi aku menambahkan efek pada suara nyanyianku agar lebih sulit didengar. Aku sebenarnya ingin mengatakan lebih keras, dan aku pikir itu keren ketika musik rock dengan berani melawan zaman. Tetapi saat ini, jika kamu melawan, kamu akan ditolak. Aku merasa seperti aku mengambil pendekatan yang selaras dengan zaman, dan aku memasukkan sedikit keceriaan dan ironi melalui filter musik.
12. Namun
anehnya, ketika kita tidak dapat mendengar dengan baik, kita akhirnya memaksa
telinga untuk mendengar lebih banyak, yang membuat suara tersebut semakin
jelas.
🐉: Aku harap ini layak untuk didengarkan. Sebelumnya ada ungkapan “kotak mainan”, tetapi tujuannya adalah untuk menggabungkan berbagai elemen, dan aku mencoba menambahkan bunyi bip yang dibuat saat kata terlarang diucapkan, dan menambahkan hal-hal seperti “♡” dalam lirik, itu hanyalah bagian dari kesenangan. Aku pikir akan menyenangkan jika penonton berkata, “Apa ini?” saat liriknya diberi teks pada program musik. Jadi meskipun ini lelucon, ini sangat diperhitungkan.
🐉: Saat aku menulisnya, aku mencoba menambahkan humor dan ironi ke dunia saat ini dengan pertanyaan seperti ~Moraru? Konpura? Torendo? So what?~. Bagian tentang ~Seijin kunshidarake~ seperti mengatakan bahwa jika hanya ada orang-orang seperti Buddha, maka dunia akan kiamat. Aku menulis bahwa semua orang terlalu terikat dan mereka semua sama, mereka mengatakan hal yang sama, dan mereka berpakaian sama. Tetapi jika aku mengatakannya secara langsung, itu akan menjadi kasar, jadi aku menambahkan efek pada suara nyanyianku agar lebih sulit didengar. Aku sebenarnya ingin mengatakan lebih keras, dan aku pikir itu keren ketika musik rock dengan berani melawan zaman. Tetapi saat ini, jika kamu melawan, kamu akan ditolak. Aku merasa seperti aku mengambil pendekatan yang selaras dengan zaman, dan aku memasukkan sedikit keceriaan dan ironi melalui filter musik.
🐉: Aku harap ini layak untuk didengarkan. Sebelumnya ada ungkapan “kotak mainan”, tetapi tujuannya adalah untuk menggabungkan berbagai elemen, dan aku mencoba menambahkan bunyi bip yang dibuat saat kata terlarang diucapkan, dan menambahkan hal-hal seperti “♡” dalam lirik, itu hanyalah bagian dari kesenangan. Aku pikir akan menyenangkan jika penonton berkata, “Apa ini?” saat liriknya diberi teks pada program musik. Jadi meskipun ini lelucon, ini sangat diperhitungkan.
🐉: Frasa cepat juga menjadi topik hangat dalam lagu-lagu Creepy Nuts-san. Namun, aku tidak berkecimpung di bidang hip-hop, jadi aku bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika aku membuat versi GENERATIONS. Aku ingin memasukkan lirik yang ingin ditiru semua orang, tetapi sulit dilakukan, jadi alih-alih melakukannya sendiri, aku meminta Ryota (Katayose) untuk melakukan semuanya (haha). Namun, ia juga tidak bisa melakukannya sama sekali pada awalnya, dan bagian saat ia akhirnya berhasil mengatakannya tanpa tersandung, memiliki “perasaan putus asa”yang sangat bagus, jadi aku menggunakan itu.
🐉: Aku mempercayakan bagian-bagian bertempo cepat kepadanya, jadi itu terasa sulit… aku menggunakan take yang secara ajaib berhasil ia nyanyikan tanpa terbata-bata, tetapi ia kesulitan, itu tidak biasa baginya (haha). Aku juga mencoba menulis ulang liriknya agar lebih mudah dinyanyikan, tetapi menurutku lebih menarik untuk membuatnya lebih sulit, sehingga ketika kita menyanyikannya di karaoke atau tempat lain, kita menyadari, “Aku tidak bisa menyanyikan ini!” Jadi aku membuatnya lebih sulit dan memintanya mencoba lagi dan lagi. Aku mendapatkan takenya yang terdengar sangat panik, jadi itulah yang aku tuju (haha).
🐉: Bahkan saat dia tidak bernyanyi, dia selalu menjaga ritme seperti ini (*melambaikan kedua tangan di samping wajahnya), lucu sekali (haha). Aku pikir “ketidaksabaran” itu muncul dengan sangat baik.
🐉: Aku menyanyikan versi demo, tetapi aku tidak bisa menyanyikannya sama sekali (haha). Aku juga ingin menciptakan unsur kejutan. Aku meminta Ryota untuk menyanyikan baris chorus di paruh pertama chorus, jadi ketika aku berpikir tentang cara membagi bagian-bagiannya, aku pikir akan lebih tidak terduga jika aku menyerahkan bagian-bagian yang berirama cepat kepada Ryota, dan dia akan menonjol.
🐉: Liriknya di sini adalah ~Tell me, tell me, tell me~ dan ~Love me, love me, love me~, tetapi sebenarnya itu adalah temi temi, rami rami. Coba saja nyanyikan seperti itu di karaoke. Tetapi bagian yang paling berbahaya dan sulit adalah lirik ~Doko zo no dareka ga bakayatte~. Mudah untuk mengucapkan bagian ini dengan cepat jika kamu mengatakan “dou ka no dareka ga”. Tetapi aku ingin menunjukkan betapa hebatnya mengatakan sesuatu yang sulit diucapkan, dan bagaimana Katayose-kun dapat melakukannya ♡. Maafkan aku karena memintanya untuk melakukan versi yang sulit. Tetapi, sebenarnya tidak apa-apa jika dia mengacaukan lirik ini selama pertunjukan. Aku pikir kesulitan ingin menirunya bahkan di karaoke tetapi tidak dapat melakukannya akan menjadi hal yang membuat ketagihan, dan Ryota juga melakukan lusinan kali pengambilan selama rekaman.
🐉: Benar sekali. Musim panas akan berakhir hanya dalam dua bulan. Sebagai seseorang yang mencintai musim panas, aku bertahan selama 10 bulan setiap tahun, dan aku ingin memanfaatkan dua bulan itu sebaik-baiknya tanpa menyia-nyiakan satu hari pun. Namun meskipun begitu, aku tetap menyukai momen-momen singkat yang berlalu dalam sekejap mata.
🐉: Tentu saja tidak. Akan aneh jika itu aku (haha). Penyanyi wanita yang menyanyikan suara tawa, suara ciuman, dan chorus pembuka adalah aRia. Meskipun dia sangat pandai bernyanyi dan berbahasa Inggris, aku menyia-nyiakan aRia dengan memintanya menyanyikan suara ciuman di akhir (haha). Suara ciuman tidak disertakan saat rekaman selesai, tetapi menurutku itu tidak menyelesaikan lagu. Kupikir menambahkan suara ciuman akan mengekspresikan kebodohan anak laki-laki yang dipermainkan oleh anak perempuan di musim panas dan akhir liburan musim panas, jadi aku meminta aRia untuk datang lagi hanya untuk suara ciuman. Ketika aku memintanya untuk “berciuman” di depan mikrofon, dia membuat wajah yang sangat jijik dan berkata, “Aku malu.” Aku yang berada di luar bilik berkata, “Maaf, maaf,” dan yang bisa kudengar hanyalah suara “ciumannya” (haha). Namun untuk suara itu, aku tidak tahu apakah itu imajinasi sang tokoh utama atau dia benar-benar menciumnya, tetapi itu adalah akhir yang baik untuk lagu tersebut, diakhiri dengan, “Itulah musim panas yang baik.”
🐉: Benar. Tak hanya asyik didengarkan dengan telinga, membaca liriknya juga membuatku tersenyum, dan aku sendiri yang mendesain foto sampulnya dengan raut wajah yang sinis. Jika lagu ini membuat kalian tertawa, itu sudah cukup bagiku! Jika ada satu hal yang ingin kusampaikan melalui lagu ini, itu adalah, “Ayo bebaskan diri dan lakukan apapun yang kamu mau, bersenang-senanglah.”
![]() |
sumber foto: Culture Cruise |
21. Apakah ada
pola lain yang ingin kamu sampaikan kepada kami?
🐉: Itu tidak ada dalam liriknya, tetapi setelah ~Original color de~ di chorus terakhir, aku menambahkan chorus “6IX COLORS”. Meskipun itu adalah frasa yang pendek, aku melapisi enam suara, jadi tolong dengarkan baik-baik. Aku juga membuat sendiri foto sampulnya, dan ada enam burung camar, lalu ada wajah mirip orang Meksiko di tengahnya, jadi aku mengambil kata 6IX di sana-sini, dan membuatnya dengan memikirkan akhir project ini dengan caraku sendiri.
22. Foto sampul
memiliki skema warna pop yang sangat berdampak dan imut.
🐉: Ini gila. Aku pikir saat dirilis pada tanggal 7 Juli, aku akan menggunakan foto sampul ini di semua ikon media sosialku selama tiga hari. Akan menyenangkan jika ini ada di seluruh dunia.
23. Menarik
sekali, jika kamu menjadikannya sebagai wallpaper, kemungkinan besar itu akan
membawa keberuntungan bagimu.
🐉: Haruskah aku katakan saja? mungkin aku harus memberinya slogan aneh seperti, “Jika kamu menjadikan ini sebagai wallpaper ponselmu, kamu akan menghemat uang” (haha). Aku akan memikirkannya.
24. Lalu seperti
apa video liriknya?
🐉: Ini video lirik di mana dikenakan wig pirang di papan selancar, berpura-pura itu pacarku, dan aku pergi kencan bersamanya ke berbagai tempat (haha). Aku ingin ada humornya, jika itu membuat orang tertawa dan berkata, “Ini musim panas, pria itu bodoh,” maka itu jawaban yang tepat, jadi aku hanya mengotak-atik dari segala sudut. Kupikir sutradara video selancar yang pernah bekerjasama denganku di project pribadi sebelumnya akan lebih memahami detailnya, jadi aku langsung menawarinya peran itu. Aku bilang, “Aku ingin jalan-jalan di tempat-tempat terkenal di Tokyo sambil pakai papan selancar,” lalu dia muncul dengan ide “memasang wig di papan itu” (haha). Kurasa akan lebih baik kalau semua orang menikmatinya.
25. Akan seperti
apa penampilannya nanti?
🐉: Aku sangat teliti soal itu. Jadi, ketika koreografinya selesai, tim pertunjukan berkata, “Susah sekali!” karena lagunya lucu, aku ingin penampilannya sulit, dan aku ingin penonton menikmati kontrasnya. Aku meminta KAITA-kun untuk membuat koreografinya, dan aku meminta agar koreografinya menarik dan para performers tidak boleh bermalas-malasan. Aku juga memintanya untuk membuat sesuatu yang menonjolkan kehebatan para performers, dan dia melakukannya, dan hasilnya menjadi sangat sulit.
26. KAITA-san
yang jago menciptakan koreografi sesuai dengan lirik.
🐉: Benar. Jadi untuk lirik ~Tacos houbatte~, kami berpura-pura makan tacos. Aku pikir, “Sudah kuduga!” pada akhirnya, yang KAITA-kun katakan tentang penampilan ini adalah, “Sia-sia saja.” (haha). Kelihatannya mudah, tapi menurutku lagu ini mustahil untuk ditarikan kecuali kamu punya banyak kemampuan. Aku ingin orang-orang mencoba menirunya dan merasakan kehebatan para performers. Koreografinya cepat dan sangat sulit. Memang menegangkan, tetapi aku pikir ini adalah penampilan yang akan membuat penonton tersenyum.
27. Apakah ada
yang kamu pikirkan dalam hal promosi?
🐉: Tahun lalu, aku pergi ke Amerika untuk belajar bahasa Inggris sekitar waktu ini, dan di sanalah aku jatuh cinta pada tacos. Di Jepang, tidak ada restoran yang bisa dengan mudah menyantap tacos seperti restoran soba berdiri, kan? Aku mengajukan penawaran ke Taco Bell dan akhirnya terwujud. Aku sedang menulis liriknya sekaligus berpikir untuk berkolaborasi dengan Taco Bell. Jika Taco Bell memberiku lampu hijau, aku akan memasukkan lirik ~Tacos houbatte~. Jika kalian perhatikan baik-baik sampulnya, kalian akan melihat tacos di sana. Kami sedang mengembangkan menu dan telah membuat beberapa makanan lezat. Silakan dicoba! Kalian harus makan tacos di musim panas (haha).
28. Apakah kamu
menetapkan tujuan apapun saat mulai membuat ini?
🐉: Aku ingin menjadikannya lagu terakhir dari project ini. Saat aku melihat karya member lain, aku melihat mereka punya pandangan dunia yang kuat, dan kupikir inilah yang ingin kulakukan. Jadi, aku merasa ingin menciptakan GENERATIONS yang ingin dilihat semua DREAMERS. Tidak ada yang memasukkan unsur pria-pria yang bertingkah konyol bersama seperti yang dibayangkan orang-orang di seluruh dunia ketika mereka memikirkan kami, jadi aku menginginkannya dengan perasaan “aku menemukan kursi kosong”.
29. Jadi jika
dirilis lebih awal, mungkin melodinya akan berbeda?
🐉: Kurasa lagunya akan benar-benar berbeda. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana hasilnya nanti, tapi karena semua member membawakan lagu seperti itu, akhirnya aku merasa bisa bertahan di musim panas yang kucintai. Sungguh keajaiban, bukan?
30. Adakah
tantangan dalam proses produksinya?
🐉: Ternyata tidak terlalu sulit, dan itu mengejutkanku. Aku merasa senang sekali memiliki rekan yang bisa membantuku membentuk apa yang ingin aku lakukan dan ekspresikan, dan memiliki orang-orang di berbagai tenpat yang membantuku. Aku merasa lagu ini dibuat dengan bantuan semua orang, dan project inilah inti dari semuanya.
🐉: Itu tidak ada dalam liriknya, tetapi setelah ~Original color de~ di chorus terakhir, aku menambahkan chorus “6IX COLORS”. Meskipun itu adalah frasa yang pendek, aku melapisi enam suara, jadi tolong dengarkan baik-baik. Aku juga membuat sendiri foto sampulnya, dan ada enam burung camar, lalu ada wajah mirip orang Meksiko di tengahnya, jadi aku mengambil kata 6IX di sana-sini, dan membuatnya dengan memikirkan akhir project ini dengan caraku sendiri.
🐉: Ini gila. Aku pikir saat dirilis pada tanggal 7 Juli, aku akan menggunakan foto sampul ini di semua ikon media sosialku selama tiga hari. Akan menyenangkan jika ini ada di seluruh dunia.
🐉: Haruskah aku katakan saja? mungkin aku harus memberinya slogan aneh seperti, “Jika kamu menjadikan ini sebagai wallpaper ponselmu, kamu akan menghemat uang” (haha). Aku akan memikirkannya.
🐉: Ini video lirik di mana dikenakan wig pirang di papan selancar, berpura-pura itu pacarku, dan aku pergi kencan bersamanya ke berbagai tempat (haha). Aku ingin ada humornya, jika itu membuat orang tertawa dan berkata, “Ini musim panas, pria itu bodoh,” maka itu jawaban yang tepat, jadi aku hanya mengotak-atik dari segala sudut. Kupikir sutradara video selancar yang pernah bekerjasama denganku di project pribadi sebelumnya akan lebih memahami detailnya, jadi aku langsung menawarinya peran itu. Aku bilang, “Aku ingin jalan-jalan di tempat-tempat terkenal di Tokyo sambil pakai papan selancar,” lalu dia muncul dengan ide “memasang wig di papan itu” (haha). Kurasa akan lebih baik kalau semua orang menikmatinya.
🐉: Aku sangat teliti soal itu. Jadi, ketika koreografinya selesai, tim pertunjukan berkata, “Susah sekali!” karena lagunya lucu, aku ingin penampilannya sulit, dan aku ingin penonton menikmati kontrasnya. Aku meminta KAITA-kun untuk membuat koreografinya, dan aku meminta agar koreografinya menarik dan para performers tidak boleh bermalas-malasan. Aku juga memintanya untuk membuat sesuatu yang menonjolkan kehebatan para performers, dan dia melakukannya, dan hasilnya menjadi sangat sulit.
🐉: Benar. Jadi untuk lirik ~Tacos houbatte~, kami berpura-pura makan tacos. Aku pikir, “Sudah kuduga!” pada akhirnya, yang KAITA-kun katakan tentang penampilan ini adalah, “Sia-sia saja.” (haha). Kelihatannya mudah, tapi menurutku lagu ini mustahil untuk ditarikan kecuali kamu punya banyak kemampuan. Aku ingin orang-orang mencoba menirunya dan merasakan kehebatan para performers. Koreografinya cepat dan sangat sulit. Memang menegangkan, tetapi aku pikir ini adalah penampilan yang akan membuat penonton tersenyum.
🐉: Tahun lalu, aku pergi ke Amerika untuk belajar bahasa Inggris sekitar waktu ini, dan di sanalah aku jatuh cinta pada tacos. Di Jepang, tidak ada restoran yang bisa dengan mudah menyantap tacos seperti restoran soba berdiri, kan? Aku mengajukan penawaran ke Taco Bell dan akhirnya terwujud. Aku sedang menulis liriknya sekaligus berpikir untuk berkolaborasi dengan Taco Bell. Jika Taco Bell memberiku lampu hijau, aku akan memasukkan lirik ~Tacos houbatte~. Jika kalian perhatikan baik-baik sampulnya, kalian akan melihat tacos di sana. Kami sedang mengembangkan menu dan telah membuat beberapa makanan lezat. Silakan dicoba! Kalian harus makan tacos di musim panas (haha).
🐉: Aku ingin menjadikannya lagu terakhir dari project ini. Saat aku melihat karya member lain, aku melihat mereka punya pandangan dunia yang kuat, dan kupikir inilah yang ingin kulakukan. Jadi, aku merasa ingin menciptakan GENERATIONS yang ingin dilihat semua DREAMERS. Tidak ada yang memasukkan unsur pria-pria yang bertingkah konyol bersama seperti yang dibayangkan orang-orang di seluruh dunia ketika mereka memikirkan kami, jadi aku menginginkannya dengan perasaan “aku menemukan kursi kosong”.
🐉: Kurasa lagunya akan benar-benar berbeda. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana hasilnya nanti, tapi karena semua member membawakan lagu seperti itu, akhirnya aku merasa bisa bertahan di musim panas yang kucintai. Sungguh keajaiban, bukan?
🐉: Ternyata tidak terlalu sulit, dan itu mengejutkanku. Aku merasa senang sekali memiliki rekan yang bisa membantuku membentuk apa yang ingin aku lakukan dan ekspresikan, dan memiliki orang-orang di berbagai tenpat yang membantuku. Aku merasa lagu ini dibuat dengan bantuan semua orang, dan project inilah inti dari semuanya.
![]() |
sumber foto: USEN ENCORE |
31. Apakah kamu
punya cukup waktu untuk menyelesaikan sesuai jadwal?
🐉: Aku bisa sangat santai! Sambil menunggu reaksi member lain. Aku sempat berpikir untuk membuat lagu ballad, tapi ketika musim panas tiba, aku tidak bisa menahan diri (haha). Kurasa musim panas memang waktu yang tepat untuk bergembira. Banyak hal yang terjadi seperti minum terlalu banyak dan hilang ingatan. Tapi jika sedang depresi, dua bulan berharga itu akan langsung berakhir dalam sekejap. Aku ingin menyampaikan pesan bahwa tidak apa-apa, ya memang begitulah musim panas. Aku juga memasukkan beberapa elemen yang bisa memberikan kesan kerjasama tim untuk menutup lagu ini.
32. Apa yang
kamu pikirkan ketika mendengarkan lagu-lagu yang telah diproduksi oleh para
member sejauh ini?
🐉: Ada banyak kejutan. Yang terpenting, aku bisa memahami bahwa setiap member ingin melakukan sesuatu seperti ini. Beberapa member membawakan lagu-lagu yang sesuai harapan dan membuatku berpikir, “Oh begitu!”, sementara yang lain membawakan lagu-lagu yang mengejutkanku. Ada banyak lagu yang mengujiku sebagai vokalis, jadi aku senang mengerjakannya.
🐉: Aku bisa sangat santai! Sambil menunggu reaksi member lain. Aku sempat berpikir untuk membuat lagu ballad, tapi ketika musim panas tiba, aku tidak bisa menahan diri (haha). Kurasa musim panas memang waktu yang tepat untuk bergembira. Banyak hal yang terjadi seperti minum terlalu banyak dan hilang ingatan. Tapi jika sedang depresi, dua bulan berharga itu akan langsung berakhir dalam sekejap. Aku ingin menyampaikan pesan bahwa tidak apa-apa, ya memang begitulah musim panas. Aku juga memasukkan beberapa elemen yang bisa memberikan kesan kerjasama tim untuk menutup lagu ini.
🐉: Ada banyak kejutan. Yang terpenting, aku bisa memahami bahwa setiap member ingin melakukan sesuatu seperti ini. Beberapa member membawakan lagu-lagu yang sesuai harapan dan membuatku berpikir, “Oh begitu!”, sementara yang lain membawakan lagu-lagu yang mengejutkanku. Ada banyak lagu yang mengujiku sebagai vokalis, jadi aku senang mengerjakannya.
33. Apakah ada lagu dari member yang mengejutkanmu?
🐉: Aku rasa yang paling mengejutkan adalah Hayato (Komori). Aku pikir lagunya J-Pop, tapi ternyata J-Rock, dan aku terkejut karena aku tidak menyangka Gotch-san dari ASIAN KUNG_FU GENERATION yang akan menulisnya. Kami sangat senang beliau menerima tawaran untuk menulis lagu itu, yang mungkin tidak akan bisa kami lakukan jika bukan karena project ini.
🐉: Mungkin “MY GENERATION” juga. Aku sudah mendengarkan jenis musik rock Jepang itu sejak masih kecil, jadi itu ada dalam tubuhku, tetapi aku tidak tumbuh besar di bidang tersebut, jadi ketika harus menyanyikannya, itu sangat sulit dan aku yang paling berjuang. Aku tipe orang yang cenderung bernyanyi dengan lembut, baik itu musik dance atau rock, dan terkadang itu menguntungkanku. Tetapi denagan lagu ini, kelebihanku banyak menghalangi. Itu adalah perubahan yang tidak aku miliki, jadi butuh beberapa saat bagiku untuk memahaminya. Jika aku menyanyikannya di karaoke, aku mungkin bisa membuatnya terdengar seperti aku bisa menyanyikannya, tetapi ketika harus mengekspresikannya sebagai GENERATIONS dan meninggalkannya dalam sebuah karya, aku tidak bisa melakukannya sama sekali. Aku pernah menyelesaikan rekamannya sekali, tetapi ketika aku mendengarkannya di luar, hasilnya tidak bagus sama sekali, jadi aku menyanyikannya lagi. Itu tidak sering terjadi, tetapi seburuk itulah aku.
🐉: Untuk lagu ini, aku harus mengurangi beberapa hal seperti tidak menggunakan vibrato atau tidak membiarkan alurnya menghalangi. Biasanya, rekaman pada dasarnya tentang menambahkan warna dengan teknik terperinci, jadi pekerjaan negatif untuk mengurangi secara bertahap sangatlah sulit. Intinya bukanlah untuk menunjukkan kebiasaanku sendiri, dan jika aku baru saja debut dan memiliki sedikit pengalaman atau bakat, aku mungkin dapat melakukannya dengan mudah, tetapi sulit untuk menguranginya ketika aku memiliki banyak pengetahuan dan keterampilan. Namun itu adalah pengalaman yang luar biasa.
🐉: Aku punya kepribadian ganda, itu membuatku takut (haha). Aku menulis “Summer Vacation” sebagai grup, tapi aku juga menulis lagu-lagu lembut seperti “T&W”. Pertunjukan live benar-benar berbeda. Saat aku bersama grup, aku bisa menyerahkan semuanya pada orang lain dan mengandalkan mereka, jadi aku merasa sangat aman. Saat solo, itu tidak terjadi sama sekali, sebaliknya, aku adalah poros segalanya dan aku bisa mempertahankan rasa ketegangan yang baik.
🐉: Lagu solo memang fokus pada kebebasan pribadi, tapi untuk lagu GENERATIONS, aku rasa aku harus menghargai makna di baliknya sebagai member. Selain itu, karena lagu-lagu yang kami berlima hasilkan benar-benar mengekspresikan jati diri GENERATIONS, aku bisa mengerjakan lagu ini tanpa ragu, dalam suasana yang bersahabat, dan dengan sangat lancar.
🐉: Ini menarik. Setiap kali kami menemukan sesuatu yang baru, “Inilah yang ingin dilakukan para member sebagai sebuah grup.” Dan aku berpikir, “Aku harap mereka memberitahuku,” tetapi pada saat yang sama, aku memahami perasaan mereka karena tidak dapat mengatakan bahwa mereka melakukannya sebagai sebuah grup. Namun karena project ini, kami dapat melakukannya, jadi jika kami dapat membuat lagu seperti ini, aku berharap dapat memperluas wawasan kami lebih jauh di masa depan.
🐉: Aku yakin kami berhasil membuka laci yang tidak mungkin kami buka sendiri. Sungguh luar biasa bisa mendapatkan bantuan dari begitu banyak orang. Dengan karir dan rekam jejak yang kami miliki sekarang, aku rasa akan lebih mudah untuk meminta bantuan orang tersebut saat menulis lagu di masa mendatang. Kami jarang menemukan lagu yang ditulis oleh orang-orang di industri yang sama seperti Gotch-san dan Sota (Hanamura)-kun dari Da-iCE. Ketika kami benar-benar mencobanya, terjadi reaksi kimia yang baik, dan aku menyadari bahwa ini juga salah satu cara untuk mengekspresikan diri kami sebagai GENERATIONS, dan rasa ini merupakan keuntungan besar bagi kami.
🐉: Bagian tersulitnya adalah tempo lagu berikutnya yang muncul sebelum lagu itu sendiri terbiasa. Tepat ketika aku akhirnya terbiasa, kami beralih ke lagu berikutnya. Di sela-sela itu, kami mengikuti festival, wawancara, dan karya solo, jadi butuh sekitar 2-3 bulan untuk terbiasa dengan tempo itu pada awalnya. Aku rasa itu sulit sampai lagu yang diproduseri Hayato muncul, “Eh, sudah yang berikutnya?” sulit rasanya tidak bisa membiarkan lagu itu beristirahat. Namun, kami semua membicarakan bagaimana hal itu akan mempermudah tur setelahnya. Sebelum itu, ada lagu-lagu yang belum ada koreografinya, dan lagu-lagu yang sudah lama tidak kami bawakan, jadi sepertinya ini sangat sulit bagi tim pertunjukan. Tapi kali ini, kami sudah bisa membawakan begitu banyak lagu baru, jadi aku rasa ada banyak manfaatnya.
![]() |
sumber foto: Culture Cruise |
🐉: Yang selalu kukatakan adalah aku ingin mewariskan lagu-lagu yang akan dinyanyikan oleh generasi mendatang. Kurasa lagu-lagu seperti itu tidak lahir dengan mudah. Bahkan ketika kita pergi karaoke, sejarah lagu-lagu dari masa lalu akan tetap ada. Aku sendiri sebenarnya menyanyikan lagu-lagu seperti itu, lagu-lagu dari era Heisei misalnya. Kita hidup di zaman di mana orang-orang digantikan dan tren terus berubah, tetapi aku ingin mewariskan lagu-lagu yang akan dinyanyikan bahkan setelah aku tiada. Itu berlaku untuk grup maupun solo. Tetapi.. kurasa itu tidak akan terjadi pada “Summer Vacation” kali ini (haha), tetapi aku berharap bisa mewariskan karya-karya bagus dengan membawakan berbagai lagu seperti project ini.
🐉: Mengenai “Summer Vacation”, video liriknya konyol, foto sampulnya seperti ini, dan liriknya penuh dengan emoji love dan tidak masuk akal. Jadi aku hanya ingin kalian mendengarkan dan menikmatinya. Dan jika itu membuat kalian tersenyum lalu berkata, “Kalau dipikir-pikir, aku banyak mendengarkan lagu ini di musim panas ini,” itu sudah cukup bagus.
🐉🐉🐉
Fotografi: Tany
Teks: Masako Wakamatsu
Fotografi: Isao Nakamura
Wawancara dan Teks: Kana Yoshida
Seni disediakan oleh: Issei Suzuki
Fotografi: Yasushi Koyama
Wawancara dan Teks: Chie Hasegawa
(mohon koreksi jika ada kesalahan)
No comments:
Post a Comment